ASUMSI LINIERITAS

Aplikasi metode statistika model linier sangat banyak digunakan seperti analisis regresi, ANOVA, structural equation modeling. Linier artinya besarnya perubahan nilai variabel dependen adalah bersifat tetap, akibat perubahan satu unit satuan yang berasal dari variabel independen. Sebagai contoh pada aplikasi analisis regresi linier sederhana dengan persamaan linier sebagai berikut :

Y = 5 + 3 X

Pada nilai X sebesar 1, 5, dan 10, maka akan dihasilkan nilai Y sebesar 8, 20, dan 35. Coba diperiksa, perubahan X = 1 menjadi X = 5 (berubah 4 poin), nilai Y = 8 menjadi Y = 20 atau berubah 12. Nilai Y mengalami perubahan sebesar 12 akibat nilai X berubah sebesar 4, berarti dalam setiap kenaikan satu satuan X mengakibatkan perubahan Y sebesar 3.

Selanjutnya, pada X = 5 menjadi X = 10 (berubah 5 poin), nilai Y = 20 menjadi Y = 35 atau berubah 15. Nilai Y mengalami perubahan sebesar 15 akibat nilai X berubah sebesar 5, berarti dalam setiap kenaikan satu satuan X mengakibatkan perubahan Y sebesar 3.

Lalu bagaimana cara menguji bahwa hubungan linier yang dimodelkan dapat diterima? Pengolahan data untuk memeriksa asumsi ini dapat dikerjakan melalui software SPSS. Ada 5 cara untuk mengetahui atau menguji linieritas hubungan dua variabel, masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan. Dengan kata lain, hasil uji pada berbagai metode ini untuk kasus yang sama bisa jadi akan memberikan kesimpulan yang berbeda.

Pengujian linieritas dengan software SPSS antara lain :

1. Curve Estimation
2. Linierity dengan ANOVA
3. Plot nilai prediksi dengan residual
4. Ramsey’s RESET test
5. Langrange Multiplier (LM) test

Detail pada masing-masing cara akan dijelaskan pada postingan berikutnya.

Semoga bermanfaat.

Informasi training dan ebook:
Hubungi bapak Khasanuddin di nomor 0817-0487-726 (WA)
Kantor STC Malang, Jl. Soekarno Hatta Kav. 1F Malang
Satu atap dengan ruko Toko Buku Islam Khalifa (STC di lantai 2).
Buka setiap hari jam 08.00-17.00.

https://www.facebook.com/stcmalang/?fref=ts

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s