ANALISIS REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL

Apabila jumlah kategori pada variabel dependen lebih dari dua, gunakan regresi logistik multinomial. Jika pada regresi logistik hanya dihasilkan sebuah persamaan, di regresi logistik multinomial akan menghasilkan persamaan sebanyak jumlah kategori pada variabel dependen dikurangi satu. Jika kategori pada variabel dependen berjumlah 3, maka persamaan yang dihasilkan berjumlah 2 persamaan.

Analisis ini harus menentukan salah satu kategori di variabel dependen sebagai base outcome atau kelompok pembanding, sedangkan sisanya disebut dengan reference group.

Dalam contoh ini akan memodelkan faktor-faktor penentu tipe berbelanja di pasar tradisional. Tipe berbelanja terbagi menjadi 3 macam, yaitu : langsung membeli, menawar dan teliti. Langsung membeli yaitu pembeli tidak pernah atau sangat jarang sekali melakukan aktifitas tawar menawar. Menawar adalah pada setiap aktifitas berbelanja selalu atau seringkali menawar harga yang diberikan penjual. Teliti adalah tipe berbelanja yang menyesuaikan dengan keadaan, kapan dia harus membeli dan kapan akan menawar.

Kode tipe berbelanja adalah 1=Langsung Beli, 2=Menawar, 3=Teliti. Kode jenis kelamin, 0=Perempuan, 1=Laki-laki.

Apabila tipe = 1 menjadi base outcome, maka akan dihasilkan fungsi logit untuk tipe 2 dan tipe 3, yaitu :
g(X2) = β20 + β21 Income + β22 Gender + β23 Usia

g(X3) = β30 + β31 Income + β32 Gender + β33 Usia

Cara menghitung peluang dari masing-masing tipe adalah sebagai berikut (karena tidak ada fasilitas superscript, untuk pangkat dituliskan dengan simbol ^) :

Prob(Tipe 2) = e^g(X2) / (1 + e^g(X2) + e^g(X3))

Prob(Tipe 3) = e^g(X3) / (1 + e^g(X2) + e^g(X3))

Prob(Tipe 1) = 1 / (1 + e^g(X2) + e^g(X3)) atau

= 1 – Prob(Tipe 2) – Prob(Tipe 3)

Gambar 1 adalah hasil pengolahan data dari software STATA. Berikut ini adalah penjelasan pembacaan dan interpretasi hasil analisis.

A. Uji Model dan Kontribusinya

Hasil uji chi square dengan nilai 26,23, prob = 0.0002 serta pseudo R2 sebesar 0,4031 menjelaskan bahwa pengaruh gabungan dari ketiga variabel bebas adalah signifikan untuk menjelaskan keragaman tipe berbelanja. Kontribusi dari ketiga variabel adalah 40,31%.

B. Uji Koefisien Regresi
Fungsi logit dari untuk tipe 2 dan tipe 3 adalah sebagai berikut :

g(X2) = -5.11 – 0.008 Income + 2.35 Gender + 0.20 Usia

g(X3) = -12.52 – 0.005 Income + 2.63 Gender + 0.33 Usia

Hasil analisis pada kedua persamaan di atas memberikan interpretasi atas perbandingan terhadap kelompok tipe langsung membeli.

Pada fungsi logit g(X2) variabel yang signifikan adalah income, sedangkan di fungsi logit g(X3) yang signifikan ada pada usia.

C. Interpretasi Hasil

Gambaran hasil analisis berdasarkan fungsi logit g(x2), faktor penentu berasal dari variabel income. Koefisien income sebesar -0,008 menerangkan bahwa semakin tinggi pendapatan seorang pembeli maka peluang melakukan pembelian bertipe “menawar” adalah jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan bertipe “langsung beli”. Konsumen berpenghasilan tinggi enggan melakukan aktifitas menawar dalam berbelanja, dan cenderung untuk langsung membeli.

Gambaran hasil analisis berdasarkan fungsi logit g(x3), faktor penentu berasal dari variabel usia. Koefisien usia sebesar 0,33 menerangkan bahwa semakin tua usia pembeli maka peluang melakukan pembelian bertipe “teliti” adalah jauh lebih besar jika dibandingkan dengan bertipe “langsung beli”. Konsumen yang berusia tua lebih memilih membeli secara teliti dibandingkan dengan membeli langsung.

Sehingga dari hasil analisis ini, ciri-ciri dari ketiga tipe berbelanja adalah sebagai berikut:

Membeli langsung : penghasilan tinggi, usia muda
Menawar : penghasilan rendah
Teliti : usia tua

Informasi training dan ebook:
Hubungi bapak Khasanudin di nomor 0817-0487-726 (HP/WA)

Page Facebook STC :
Statistical Training Centre Malang

Foto Statistical Training Centre Malang.

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s