One Step Versus Two Step Approachs

Istilah ini ada ketika sedang menggunakan structural equation modeling (SEM). Dalam model SEM di dalamnya ada model pengukuran dan model struktural. Two step approachs berarti pada langkah pertama menguji fit model dan validitas model pengukuran yang diusulkan.

Setelah diperoleh model pengukuran memuaskan, langkah kedua adalah untuk menguji model struktural. Dengan demikian, kedua uji ini yaitu satu pengukuran dan satu struktur sebenarnya bertujuan untuk menguji validitas pengukuran dan fit model.

Pendekatan satu langkah dilakukan dengan tidak memisahkan antara uji fit model model struktural dengan diuji model pengukuran. Pengujian secara terpisah dari model pengukuran melalui pendekatan dua langkah dipandang sebagai hal penting.

Dengan kata lain, kehandalan konstruk tidak boleh rendah. Jika model pengukuran tidak tervalidasi secara baik, maka peneliti seharusnya memperbaikinya dan mengumpulkan data baru. Selanjutnya jika model pengukuran yang telah direvisi dapat divalidasi, maka dapat dilanjutkan melakukan uji untuk model struktural.

Sumber : Hair et. al. (2006). Multivariate Data Analysis

===============================================

Pada instrumen yang sudah teruji, maka keputusan menggunakan one-step approach tidak terlalu mengkhawatirkan karena ada dugaan kuat akan didapatkan validasi yang cukup kuat dari loading factor dengan seluruh identifikasi validasi konstruk.

Akan tetapi pada instrumen yang belum teruji kehandalannya, maka pilihan two-step approach adalah lebih dianjurkan. Peneliti bisa merancang instrumen untuk model pengukuran hingga didapatkan sebuah model yang baik, kemudian baru melanjutkan pada tahapan pengujian fit model struktural.

Semoga bermanfaat.

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s