DESAIN PERTANYAAN UNTUK HUBUNGAN REFLEKTIF DAN FORMATIF

Pernahkah menginap di sebuah hotel? Apakah ada perasaan puas terhadap hotel? Bagaimana kepuasan seorang pengguna jasa hotel dapat terukur? Kesediaan untuk merekomendasikan hotel tersebut pada orang lain apakah dapat mengukur kepuasan? Perlengkapan dan perabot bagus yang tersedia dalam kamar apakah dapat mengukur kepuasan? Karyawan yang dinilai ramah apakah dapat mengukur kepuasan? Pertanyaan manakah yang mempunyai bobot paling besar untuk mengukur kepuasan pengguna jasa hotel?

Pada masalah tersebut, kepuasan adalah variabel laten sedangkan item-item pertanyaan dalam instrumen adalah variabel manifest. Pengguna hotel atau konsumen adalah subjek penelitian, sedangkan hotel adalah objek yang diteliti. Apakah ada aturan atau tips khusus dalam mendesain pertanyaan yang berkaitan dengan hubungan item dan variabelnya?

Aplikasi statistik untuk stuctural equation modeling, hubungan variabel laten dengan variabel manifestnya dapat bersifat reflektif atau formatif. Sifat reflektif artinya variabel manifest dibentuk oleh variabel laten, dalam aplikasi gambar arah garis dari bulat ke kotak atau dari variabel laten ke variabel manifest. Sebaliknya pada sifat formatif artinya variabel manifest membentuk variabel laten, dalam aplikasi gambar arah garis dari kotak ke bulat atau dari variabel variabel manifest ke laten.

Albers and Hildebrandt (2006) dalam Vinzi et. al (2010) memberikan satu tip dalam mendesain pertanyaan yang berkaitan dengan hubungan reflekstif dan formatif. Pada pertanyaan yang bersifat reflektif, subyek kalimat adalah subyek penelitian, sedangkan obyek kalimat adalah obyek penelitian. Dalam contoh kepuasan ini, konsumen adalah subyek penelitian sedangkan hotel adalah obyek penelitian. Berikut beberapa item pertanyaan yang bersifat reflektif :

I feel well in this hotel
Saya merasa nyaman di hotel

This hotel belongs to my favorites
Hotel ini menjadi favorit saya

I recommended this hotel to others
Saya merekomendasikan hotel ini kepada orang lain

I am always happy to stay overnight in this hotel
Saya selalu senang untuk menginap di hotel ini

Jawaban pada item yang bersifat reflektif ini akan berkorelasi tinggi satu dengan lainnya. Artinya jika konsumen merasa nyaman di hotel, maka akan merekomendasikan pada orang lain, menjadikan hotel tersebut sebagai hotel favorit dan ada perasaan senang saat menginap.

Kemudian berikut beberapa item pertanyaan yang bersifat formatif. Pada pertanyaan yang bersifat formatif, subyek kalimat adalah obyek penelitian, sedangkan obyek kalimat adalah subyek penelitian.

The room is well equipped
Kamar hotel ini mempunyai perlengkapan yang baik

The wellness area is good
Kebersihan hotel baik

The personel is friendly
Karyawan hotel ramah

The service is good
Pelayanan hotel baik

Jawaban pada item yang bersifat formatif ini belum tentu akan berkorelasi tinggi satu dengan lainnya. Artinya jika konsumen merasakan tersedianya perlengkapan yang baik dalam kamar, maka belum tentu hotel bisa menyediakan karyawan yang ramah. Pelayanan baik dari hotel untuk konsumen belum tentu bahwa perlengkapan yang tersedia dalam kamar juga berkualitas baik.
Semoga bermanfaat.

Esposito Vinzi, V., Chin, W.W., Henseler, J., Wang, H. 2010. Handbook of Partial Least Squares Concepts, Methods and Applications. Springer
formative-reflektif2

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in MODEL SEM and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s