TABULASI SILANG DAN CORRESPONDEN ANALYSIS

Pada 220 sampel, terbagi atas 60 orang tergolong berusia muda, 90 adalah paruh baya dan 70 orang termasuk lanjut usia. Ketiga kelompok usia ini diamati pilihan produk yang dibeli, apakah produk A, B atau C.

Komposisi jenis produk yang dibeli pada kelompok usia muda adalah A (20 orang), B (20 orang) dan C (20 orang). Usia yang lebih tua di kelompok paruh baya, komposisi pembelian adalah A (40 orang), B (10 orang) dan C (40) orang. Sedangkan pada kelompok terakhir yaitu usia lanjut usia, frekuensi pembelian adalah A (20 orang), B (10 orang) dan C (40 orang).

Slide1

Produk manakah yang menjadi ciri masing-masing kelompok usia? Cukup sulit untuk menentukan pilihan produk kelompok muda karena hampir semua produk mempunyai proporsi yang sama ketika dipilih. Begitu pula pada kelompok usia paruh bay, komposisi produk A dan C juga sama. Jawaban yang paling mudah adalah pada kelompok lanjut usia yang cenderung memilih produk C.

Pertanyaan tersebut bisa dijawab lewat dua kemungkinan yaitu : (1) membuat tabel silang atas frekuensi dari kedua katergori (Gambar 1) atau (2) menghitung peta jarak Chi Square dengan correspondence analysis (Gambar 2).

Slide2

Pada tabel silang (crosstabulation), bisa dilihat komposisi pilihan lewat informasi berbasis baris atau kolom. Sedangkan pada pilihan correspondence analysis tersedia pada software SPSS akan dijawab dari hasil biplot. Pilihan analisis ini ada pada menu Analyze | Dimension Reduction | Correspondence Analysis.

Slide3

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in MULTIVARIATE and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s