MENENTUKAN JUMLAH CLUSTER

Sembilan kota di Jawa yaitu : Surabaya, Bangkalan, Lumajang, Malang, Klaten, Salatiga, Bandung, Cirebon dan Garut dinilai dari 3 hal yaitu infrastruktur, investasi dan kelestarian lingkungan dengan skor 1-5. Data bahan analisis data bisa dilihat pada Gambar 1.

Slide1

Selanjutnya akan dilakukan analisis pengelompokan kota-kota tersebut dengan hirarchical cluster menggunakan prosedur complete linkage. Jarak antar kota dihitung dengan kuadrat jarak Mahalanobis (square Mahalanobis distance).

Software akan menghitung matriks jarak sesuai pilihan dan akan menampilkan hasil proximity matrix sebagai matriks jarak serta agglomeration schedule sebagai informasi penyusunan dendrogram. (Lihat Gambar 2).

Slide2

Lalu bagaimanakah cara menentukan jumlah cluster yang terbentuk? Diantara pilihan yang ada antara lain : menghitung “sudden jump” dari perubahan koefisien yang ada dalam tabel agglomeration schedule. Perhitungan dilakukan mulai dari koefisien terakhir. Dalam contoh ini, karena ada 9 obyek yang dikelompokkan, maka akan ada 8 stage yang dihitung untuk menghasilkan dendrogram secara lengkap.

Pada stage ke-8 dihasilkan koefisien sebesar 14, sedangkan koefisien pada stage ke-7 adalah 8. Maka perubahan koefisien untuk stage ke-8 adalah (14-8)/8 x 100% yaitu 75%. Lakukan perhitungan yang sama hingga beberapa stage (dimulai dari stage terakhir ke atas, akan tetapi tidak perlu dilakukan perhitungan untuk seluruh stage). Akan dicari perubahan koefisien yang paling besar. Jika hasil perhitungan perubahan koefisien pada stage ke-8 adalah paling besar maka akan merekomendasikan cluster berjumlah dua. Jika hasil perhitungan perubahan koefisien pada stage ke-7 adalah paling besar maka akan merekomendasikan cluster berjumlah tiga. Begitu seterusnya seperti yang ada pada Gambar 3.

Slide3

Hasil akhir pada contoh ini memberikan kesimpulan bahwa akan terbentuk 2 cluster. Pada cluster pertama beranggotakan : Lumajang, Bandung, Malang, Cirebon, sedangkan pada cluster kedua adalah : Surabaya, Bangkalan, Klaten, Garut, Salatiga.

Slide4

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Informasi dan permintaan training bisa menghubungi pak Khasanuddin di 0817.048.77.26

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in MULTIVARIATE and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s