MENGHITUNG PARAMETER

Parameter dalam statistika adalah ciri-ciri dalam populasi. Bentuknya bisa berupa nilai rata-rata (mean), standard deviasi, koefisien korelasi, koefisien regresi, vektor rata-rata dan matriks varian kovarian atau bentuk lainnya.

Pada aplikasi pemodelan, misalnya dalam SEM, ada 5 parameter yang mungkin dihitung yaitu : weight, covariances, variances, means dan intercepts. Gambar 1 ada simbol kotak untuk indikator dan simbol elips untuk error indikator atau variabel laten.

Gambar 1 menjelaskan ada 2 parameter yang akan dihitung yaitu : weight dan variances.

Weight atau koefisien ada dua macam yaitu koefisien yang menghubungkan (1) indikator dengan variabel laten, (2) variabel laten dengan variabel laten, (3) error indikator dengan indikator dan (4) error dengan variabel laten endogen.

Parameter varian adalah nilai kuadrat dari standard deviasi dan dihitung dari semua yang bersifat “eksogen”. Seluruh error indikator atau error variabel endogen bersifat eksogen karena “hanya ada tanda panah keluar”. Variabel laten X1 bersifat eksogen, sedangkan Y1, Y2 dan Y3 bersifat endogen.
Slide1
Mari kita hitung bersama berapa jumlah parameter yang akan dihitung dalam contoh pemodelan di Gambar 1. Jumlah parameter weight seluruhnya adalah 41 dengan rincian :

– indikator dengan variabel laten sebanyak 16
– variabel laten dengan variabel laten sebanyak 6
– error indikator dengan indikator sebanyak 16
– error dengan variabel laten endogen sebanyak 3

Pada jumlah ini, weight dari error indikator terhadap indikator dan error terhadap variabel laten endogen yang berjumlah 16+3=19 bersifat fixed, yaitu pada jalur ini tidak ditaksir akan tetapi telah diberikan nilai “pasti” sebesar 1.

Begitu pula pada salah satu jalur dari masing-masing variabel laten terhadap indikatornya juga diberikan nilai fixed sebesar 1. Maka jumlah parameter weight yang bersifat fixed berjumlah 19+4=23 sedangkan 18 lainnya bersifat ditaksir.

Secara khusus, seluruh jalur yang menghubungkan antar variabel laten diberi label “gamma” dan “beta”. Label gamma untuk hubungan variabel eksogen ke variabel endogen, sedangkan beta untuk hubungan variabel endogen ke variabel endogen. Maka dari 18 weight yang ditaksir ada 6 yang bersifat “labeled” dan 12 bersifat “unlabeled”.

Parameter varian yang berjumlah 20 akan dihitung dari bagian yang bersifat eksogen, yakni error indikator yang berjumlah 16, error untuk variabel endogen yang berjumlah 3 dan variabel laten eksogen yang berjumlah 1.

Slide2

Tetapi jangan khawatir akan salah dalam menghitung, AMOS akan memberikan tabel ringkasan terkait parameter yang ada dalam model. Gambar 2 adalah hasil running dari AMOS dengan menampilkan hasil unstandardized estimates, sedangkan Gambar 3 adalah ringkasan perhitungan jumlah paramter yang diperoleh dari output AMOS.


Slide3

 

 

Semoga bermanfaat.

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in MODEL SEM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s