MENGUJI PERBEDAAN RATA-RATA

Berat Sebelum dan SesudahPerbedaan pada dua kelompok atau lebih akan diuji berdasarkan parameter rata-rata. Sifat kelompok data yang diuji bisa berpasangan atau tidak berpasangan.

Bentuk yang sederhana adalah menguji beda dua rata-rata dengan menggunakan uji-t. Pada analisis ini membutuhkan syarat bahwa distribusi data mengikuti distribusi normal. Sedangkan varian pada kedua kelompok bisa bersifat homogen atau tidak homogen. Akan ada dua rumus yang berbeda untuk keperluan uji dua kelompok.

Pada uji t ini variabel bebasnya bersifat non metric (kategori) sedangkan variabel terikatnya bersifat metric (kontinyu).

Dalam kasus yang lebih luas dengan jumlah kelompok lebih dari dua apakah bersifat berpasangan atau tidak berpasangan, maka penggunaan uji t menjadi tidak efektif. Sebagai contoh apabila ada 3 kelompok yang akan dibandingkan (misal A, B dan C), maka jumlah uji t yang harus dilakukan adalah 3 kali yaitu perbandingan : A-B, A-C dan B-C. Begitu pula bila berjumlah 4 kelompok (misal A, B, C dan D), maka jumlah uji t yang harus dilakukan adalah 6 kali yaitu perbandingan : A-B, A-C, A-D, B-C, B-D dan C-D.

Perbandingan pada lebih dari dua kelompok akan menggunakan analisis varian atau lebih populer dengan sebutan ANOVA (analysis of variance). Analisis ini menguji sumber-sumber keragaman yang dapat terjelaskan oleh kelompok dibandingkan dengan sumber yang tidak dapat dijelaskan (error). Apabila sumber-sumber yang dapat terjelaskan adalah signifikan, maka dapat di interpretasikan bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan pada hasil perbandingan kelompok tersebut. Pengujian statistik dalam ANOVA menggunakan uji F.

Hasil uji F yang signifikan menerangkan bahwa ada perbedaan di antara rata-rata yang ada. Hasil uji bersifat mayor, artinya tidak serta merta menyatakan bahwa antar rata-rata akan berbeda signifikan satu dengan lainnya. Sebagai contoh pada perbandingan kelompok A, B dan C akan menghasilkan 8 kemungkinan hasil yaitu :

  1. A sama dengan B, A sama dengan C, B sama dengan C
  2. A tidak sama dengan B, A sama dengan C, B sama dengan C
  3. A sama dengan B, A tidak sama dengan C, B sama dengan C
  4. A sama dengan B, A sama dengan C, B tidak sama dengan C
  5. A tidak sama dengan B, A tidak sama dengan C, B sama dengan C
  6. A tidak sama dengan B, A sama dengan C, B tidak sama dengan C
  7. A sama dengan B, A tidak sama dengan C, B tidak sama dengan C
  8. A tidak sama dengan B, A tidak sama dengan C, B tidak sama dengan C

Pada kemungkinan nomor 1 menyatakan bahwa semua pasangan perbandingan rata-rata adalah berbeda tidak signifikan. Sedangkan pada kemungkinan no 2 – 8 menyatakan bahwa ada pasangan perbandingan rata-rata yang berbeda signifikan. Sehingga apabila hasil uji F adalah signifikan, maka perlu dilakukan uji lanjutan (post hoc test) untuk mengenali karakteristik perbedaan.

PENGARUH INTERAKSI

Sumber perbedaan rata-rata pada variabel dependen bisa berasal dari satu faktor atau lebih. Pada faktor yang berjumlah dua atau lebih, didalamnya akan ada pengaruh utama dan interaksi.

Apakah interaksi itu? Interaksi diartikan sebagai kegagalan dari suatu faktor untuk menghasilkan pola pengaruh yang sama pada berbagai level faktor lainnya. Untuk memudahkan akan dicontohkan upaya seseorang untuk mengobati dirinya ketika sakit.

Terdapat dua faktor yang bisa dilakukan untuk pengobatan yaitu dengan menambah waktu beristirahat atau minum obat. Faktor A ada jumlah waktu beristirahat dengan pilihan level, ditambah 2 jam atau 4 jam dari waktu istirahat biasanya. Faktor B ada jenis obat yang dikonsumsi dengan pilihan level,  obat  herbal atau obat kimia. Variabel terikat yang diamati adalah lama waktu untuk sembuh.

Pada saat pengaruh utama dari tambahan waktu istirahat dianalisis, pengujian ini mempunyai dugaan bahwa waktu istirahat yang lebih lama akan mempercepat waktu untuk sembuh. Menguji pengaruh waktu berarti mengabaikan peran obat. Pengaruh utama dari obat-obatan mempunyai dugaan bahwa obat kimia akan mempercepat waktu untuk sembuh. Menguji pengaruh obat berarti mengabaikan peran waktu beristirahat.

Adanya pengaruh interaksi pada kedua faktor ini memberikan penjelasan bahwa perubahan kecepatan waktu untuk sembuh pada hasil perbandingan tambahan istirahat 2 jam dan 4 jam dengan mengkonsumsi obat herbal adalah berbeda bila dibandingkan dengan obat kimia.

Penggunaan obat herbal ternyata menghasilkan kecepatan waktu sembuh yang hampir sama, baik pada saat terapi tambahan istirahat 2 jam atau 4 jam. Sedangkan penggunaan obat kimia menghasilkan kecepatan waktu sembuh yang berbeda apabila dilakukan terapi tambahan istirahat 2 jam dibandingan 4 jam.

VARIABEL KOVARIAN

Mengukur perbedaan efek yang ditimbulkan seharusnya dilakukan pada kondisi yang setara kecuali efek dari perlakuan itu sendiri.  Sebagai contoh bila ingin diuji perbedaan hasil penggemukan ayam kampung pada berbagai jenis konsentrat, maka idealnya harus dieksperimenkan pada ayam-ayam yang homogen baik dari segi usia maupun berat badan. Sehingga perbedaan berat badan ayam akan djelaskan oleh jenis konsentrat.

Bagaimana apabila ketersediaan ayam-ayam ini tidak sama berat badan awalnya? Maka perubahan berat badan ayam akan dipengaruhi oleh jenis konsentrat dan berat badan awalnya. Maka berat badan awal ini disebut dengan variabel kovarian bagi berat badan akhir.

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s