Data Statistik Sebagai Syarat Untuk Meraih Kemajuan Ekonomi

Kerjasama-SEWA-MOBILOleh : Jerry Alphanto

Data statistik adalah data yang dikumpulkan secara periodik, dengan metode ilmiah yang teruji, dan direkam untuk jangka waktu yang cukup lama. Makin lama dan makin banyak data yang tersedia makin baik menghasilkan analisa dan prediksi yang akurat.

Manfaat data statistik adalah untuk membuat hipotesa dan penilaian empiris ketika seseorang harus membuat keputusan akan sesuatu hal yang tidak bisa dianalisa secara eksak. Statistika bersifat ilmiah, bukan metafisis.

Untuk membangun lapangan terbang, dibutuhkan data statistik tentang hembusan angin selama puluhan tahun. Untuk mendirikan bangunan tinggi, diperlukan data statistik gempa bumi selama puluhan tahun. Untuk membangun Tanggul dan waduk, diperlukan data statistik curah hujan selama puluhan tahun.

Untuk meraih kemajuan ekonomi, setiap provinsi membutuhkan investor baik dari luar maupun dari provinsi yang bersangkutan. Salah satu hal pertama yang diperhatikan oleh investor adalah COUNTRY RISK dan disusul oleh PROVINCE RISK. Country risk dan province risk tidak lain adalah hasil analisa data statistik terhadap potensi kegagalan suatu investasi di suatu provinsi atau negara. Diantara data statistik vital yang dianalisa adalah gangguan keamanan dan seberapa warga setempat menyambut kehadiran investasi baru.

Untuk urusan Country risk, setiap provinsi di Indonesia tidak bersaing satu sama lain karena dimata dunia, setiap provinsi memikul nama buruk dan mensyukuri nama baik Indonesia secara bersama-sama. Mengenai Province risk, setiap provinsi harus memperbaiki dirinya dan memoles diri sehingga dapat menampilkan provinsi masing-masing dengan lebih menarik. Sudah waktunya setiap provinsi untuk menjemput bola.

Rendahnya daya tarik sebuah provinsi potensial yang disebabkan oleh province risk yang tinggi akan menyebabkan investor membatalkan investasinya di daerah tersebut. Ekonomi provinsi tersebut yang seharusnya tumbuh lebih tinggi batal. Semakin banyak orang miskin yang meningkat pendapatannya juga menjadi batal.

Maraknya terorisme dan perampokan yang tidak terdeteksi tetapi segera tersiar ke seluruh dunia akan menjadi catatan data statistik yang sangat merugikan bukan hanya nama baik Indonesia maupun provinsi, tetapi sangat merugikan ekonomi masa depan Indonesia dan provinsi yang bersangkutan karena ini melambungkan Province risk daerah tersebut.

Tentulah sangat dihargai dan diakui (recognized) semua usaha yang sudah dilakukan oleh semua pihak untuk meminimalisir berbagai gangguan dan ancaman dengan sumberdaya yang seadanya. Namun perlu pula dicatat bahwa hasil yang sudah dicapai bukan berkategori A. Kategori A adalah Zero accident (tidak ada kejadian).

Mungkin perlu ditambahkan kedalam semua usaha yang sudah dilakukan adalah menerapkan berbagai hasil studi-studi sosiologi pedesaan dan perkotaan supaya masyarakat disadarkan sepenuh-penuhnya bahwa masyarakat adalah SUBYEK daripada kemajuan ekonomi provinsinya bukan obyek. Kalau suatu gangguan keamanan terjadi, nama baik daerahnya rusak dan akan dihindari oleh investor dari daerahnya sendiri, dari daerah lain, maupun dari luar negeri. Bahkan investor dari daerahnya sendiri akan pindah ke daerah lain. Ekonomi daerahnya akan merosot. Rakyat kecil dirugikan.

Kalau Investor datang ke sebuah daerah dan menemukan peluang investasi yang sangat menarik tetapi pada daerah tersebut tercatat ada gangguan keamanan dalam 2 tahun terakhir maka kemungkinan investor akan membatalkan investasinya. Kalaupun investasi direalisir, kemungkinan biaya resikonya dihitung dengan asumsi yang sangat tinggi. Investasi seperti ini tidak membawa manfaat yang optimal untuk daerah yang bersangkutan. Investasi yang optimal adalah investasi yang direalisir atas dasar saling membutuhkan, saling mendukung dan saling menguntungkan antara investor dan daerah penerima investasi.

Oleh sebab itu, usaha yang habis-habisan harus dilakukan setiap daerah dan semua pihak untuk mencegah timbulnya gangguan keamanan sekecil apapun bentuknya. Karena bebasnya sebuah daerah daripada gangguan keamanan adalah kepentingan bersama dari semua pihak dan setiap warga. Keamanan bukan kewajiban aparatur negara semata-mata. Gangguan keamanan harus dijadikan “common enemy” dari setiap orang dan pertumbuhan ekonomi harus dijadikan “common interest” setiap orang. Untuk itu, perlu ada lebih banyak penyuluhan kepada masyarakat secara intensif dan tepat sasaran.

Untuk melesatkan kemajuan ekonomi, dibutuhkan data statistik Country  dan Province risk yang sangat baik dan terjamin kesinambungannya sejak dan hingga masa yang sangat lama.

http://hankam.kompasiana.com/2010/10/03/data-statistik-sebagai-syarat-untuk-meraih-kemajuan-ekonomi-277451.html

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s