KORELASI DAN KAUSALITAS

naik-turunKorelasi adalah kosakata yang tidak asing bagi pengguna statistika. Sebuah obyek, apakah itu berupa orang, organisasi, institusi, barang, benda, hewan, wilayah atau lainnya adalah “tidak menarik” bila hanya diamati pada satu variabel saja. Akan menjadi “sangat menarik” apabila pengamatan itu berbasis banyak variabel dan satu dengan yang lain saling berkaitan. Kumpulan data semacam ini dikenal dengan nama data “multivariate”.

Apakah informasi penting yang ada dalam data multivariate? Jawabannya adalah tergantung pada bagaimana struktur data yang ada di dalamnya dengan cara menghitung matriks korelasi. Rendahnya koefisien korelasi dalam struktur data mengindikasikan bahwa pada pengamatan itu “miskin” informasi. Sedangkan pada struktur data dengan koefisien korelasi tinggi yang berjumlah cukup banyak akan menggambarkan adanya “kekayaan” informasi.

Mempelajari “kekayaan” informasi dapat dilakukan dengan membangun satu atau beberapa model yang melibatkan sekumpulan variabel. Hubungan yang spesifik dikenal dengan nama kausalitas atau sebab akibat. Nilai pada satu atau beberapa variabel tergantung variabel lainnya. Maka korelasi dan kausalitas ibarat sekeping mata uang, dimana sisi satu dengan sisi lainnya akan saling melengkapi. Sekeping mata uang “tidak berlaku” bila hanya mempunyai “sisi gambar” saja dan pada sisi baliknya tidak memiliki “sisi angka”.

Link berikut adalah salah satu blog yang memuat banyak artikel tentang korelasi dan kausalitas, beberapa diantaranya bisa diunduh secara gratis. Prof Alan dari UCLA adalah salah satu profesor yang ahli dalam bidang ini.

http://correlation-causality.blogspot.com/

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s