MEDIASI ATAU INTERVENING

MEDIASI2Mediasi artinya perantara, yaitu variabel yang ada diantara hubungan dua variabel lainnya. Secara sederhana dicontohkan seperti dalam gambar tentang hubungan pelatihan, kemampuan kerja dan kinerja.

Pertanyaan awal adalah, keikutsertaan dalam pelatihan akan meningkatkan kinerja. Pada saat rumusan ini dibuat, hanya ada dua variabel yaitu pelatihan dan kinerja. Sehingga akan dipahami bahwa pelatihan akan berpengaruh langsung terhadap kinerja.

Akan tetapi, pemahaman ini seolah menimbulkan bias konsep hubungan. Perubahan kinerja tidak akan langsung mengalami peningkatan yang berarti pasca pelatihan. Ada dugaan lain bahwa terdapat satu atau lebih variabel lain yang lebih kuat kontribusinya atas kinerja dan variabel ini mengalami perubahan yang sangat kuat akibat adanya pelatihan. Variabel ini adalah kemampuan kerja.

Kemampuan kerja yang handal lebih diyakini akan menjadi faktor pendorong kinerja dibandingkan dengan kinerja. Artinya, kinerja yang lebih baik akan bersumber dari karyawan yang berkemampuan kerja tinggi, sedangkan pelatihan diduga dalam posisi sebagai pelengkap kontribusi dari kemampuan kerja.

Akan tetapi, kemampuan kerja seorang karyawan akan butuh waktu lama untuk dapat mencapai kemampuan kerja yang diharapkan. Untuk membentuk kemampuan kerja yang lebih baik, dapat ditempuh dengan mengikut sertakan karyawan dalam kegiatan pelatihan.

Rangkaian hubungan ini bisa dimaknai bahwa pelatihan berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja melalui kemampuan kerja. Sehingga dalam model yang melibatkan tiga variabel ini, akan melemahkan pengaruh langsung dari pelatihan terhadap kinerja.

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s