WE CAN’T TRUST YOU

WE CAN'T TRUST YOUMengukur atau observasi adalah salah satu kegiatan yang oasti dilakukan dalam proses aplikasi metode kuantitatif. Pengukuran dilakukan karena peneliti (observer) menyakini bahwa obyek yang diteliti mempunyai karakteristik yang berbeda. Alat ukur yang baik adalah alat ukur yang mampu memaksimalkan proses diperolehnya variasi pada setiap obyek.

Pengamatan yang dilakukan pada berbagai kelompok, akan menghasilkan dua sifat variasi, yaitu : (1) variasi di dalam kelompok tersebut (within group) dan (2) variasi antar kelompok (between group).

Variasi antar kelompok diharapkan bernilai tinggi, karena pada berbagai kelompok yang diamati (baik yang bersifat eksperimental maupun bukan) tentu akan mempunyai nilai rata-rata yang berbeda.

Variasi dalam kelompok diharapkan bernilai rendah. Variasi dalam kelompok diperoleh dari hasil pengamatan ulangan pada obyek atau kelompok obyek yang sama. Kalau pun toh terjadi variasi, maka tidak diharapkan akan terjadi dengan nilai yang besar. Variasi pengamatan yang terlampau besar dalam satu kelompok akan menyebabkan tingkat kepercayaan pada proses pengambilan data akan berkurang. Pada gambar ini disebutkan dengan ungkapan “we can’t trust you”.

Semoga bermanfaat

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in MULTIVARIATE and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s