MENARIK KESIMPULAN ALA STATISTIKA

MENARIK KESIMPULAN ALA STATISTIKProses penarikan kesimpulan dalam pendekatan statistika memang menarik untuk dikenali. Salah satunya adalah peranan hasil analisis dalam sampel yang bisa diproyeksikan ke anggota populasi lainnya apabila memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Sebenarnya beberapa proses ala statistika ini sudah sering dilakukan pada lingkungan sekitar.

Ketika sedang memasak sayur, toh yang dilakukan adalah mencicipi 1 atau 2 kali pada seujung sendok lalu terjadi penarikan kesimpulan apakah sayur tersebut sudah mak nyus. Begitu pula saat ke pasar dan hendak membeli sayuran atau buah, pembeli hanya akan memperhatikan beberapa saja, tidak seluruhnya akan tetapi dari kegiatan itu sudah bisa melakukan penarikan kesimpulan apakah buah atau sayur yang hendak dibeli berkualitas baik atau tidak.

Aktifitas di laboratorium baik dalam ruangan maupun di luar ruangan adalah salah satu bentuk pembentukan sampling dari keadaaan yang sesungguhnya. Apa yang terjadi pada hewan uji (tikus, kelinci) atau tanaman uji, atau benda uji merupakan titik-titik pengamatan yang akan mewakili obyek yang sesungguhnya.

Ilustrasi yang dijelaskan tersebut lazim dikenal dengan istilah sampling atau melakukan penarikan kesimpulan untuk sesuatu yang luas (populasi) berdasarkan karakteristik yang dihasilkan dari sesuatu yang sedikit (sampel) dengan syarat tertentu, seperti kecukupan sampel dan asumsi-asumsi dalam analisis.

Rangkaian proses ini, peranan atas jumlah sampel, jumlah variabel, jumlah kelompok dan sifat skala pengukuran akan menjadi bagian yang dipertimbangkan dalam memilih metode dan interpretasi hasil-hasil analisis.

Semoga bermanfaat.

About stcmalang

Kami Lahir, sebagai lembaga training statistik yang melayani Mahasiswa S1, S2 dan S3.Berdiri sejak 1997,Lembaga ini di gawangi oleh Arif Kamar Bafadal, S.Si. M.Si Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta DR 09 Malang Telp.(0341) 8424 000 Motto kami: Belajar Mengolah Data Mulai Dari Nol Semua Pasti Bisa Mengolah Data Sendiri
This entry was posted in BASIC STATISTICS. Bookmark the permalink.

One Response to MENARIK KESIMPULAN ALA STATISTIKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s